Mendorong Prilaku Berwawasan Lingkungan

BANDUNG.SWARAWANITA NET,-Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperingati Hari lingkungan Hidup sedunia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dengan  Anugerah Raksa Prasada sebagai Kabupaten/Kota Peraih Sekolah Adiwiyata terbanyak.  Dengan 29 sekolah adiwiyata di tahun 2019, Kabupaten Bandung mengungguli Kota Bandung (18 sekolah), Kabupaten Bogor (17 sekolah) dan Kota Depok (15 sekolah).  
Terkait hal ini Kabid Konservasi Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Asep R. Lengkawa  dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) ke 34 yang mengambil tema #. Perlindungan dan Pengelolaan lingkungan Hidup Jabar-World Environment Day. Bertempat di halam museum gedung sate Bandung Kamis (25/7).
Asep menyebutkan.  Karena kita tidak tahu apakah generasi setelah kita kepedulian itu akan sama seperti yang kita tanamkan sekarang, karena perkembangan jaman sangat cepat sehingga kitapun dalam mengatasi  melindungi alam sekitar kita juga harus bergerak cepat, jangan sampai kemajuan lebih dulu menggerus keadaan lingkungan kita sehingga anak cucu kita menjadi pihak yang akan dirugikan.
Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung Asep Kusumah sebagai menyebutkan.  “Kabupaten Bandung untuk tahun ini ada 29 sekolah tahun kemarin ada 24 sekolah yang meraih anugerah adiwiyata untuk tingkat Jawa Barat.”Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Asep Kusumah.  Adiwiyata bukan sekedar mencetak ahli lingkungan tetapi proses pembiasaan yang mampu merubah prilaku, bagaimana sekolah nantinya sebagai kekuatan strategis mampu membiasakan, mampu merubah prilaku karena disekolah semuanya ada. Otoritasnya ada, warganya homogen kemudian dampaknya meluas, di kab. Bandung ada 1 juta siswa dari  satu uuta dua ratus kepala keluarga. bisa dibayangkan kalau 1 juta siswa jadi leader of change perubahan prilaku akan mengena kepada gampir 90 persen warga kabupaten Bandung.
Asep berharap . Ketika suatu sekolah meraih adiwiyata, diharapkan para siswanya dapat terbentuk menjadi agen perubahan atau leader of change di dalam keluarganya. Tentu ini akan memberikan efek yang sangat luar biasa, untuk mendorong lahirnya prilaku ber wawasan lingkungan bagi 3,7 juta penduduk Kabupaten Bandung.   
Pada acara Japri ke 34 yang terkait dengan lingkungan hidup,  juga dilaksanakan uji emisi bagi kendaraan secara percuma. (die)


Posting Komentar

0 Komentar