Warga Bandung Harus Proaktif Pencegahan COVID-19

BANDUNG.SWARAWANITA NET,-Pernyataan Sikap Anggota Dewan terhadap Penanganan Wabah Covid19 di Kota Bandung:

Sebagaimana kita ketahui Bersama bahwa saat ini di seluruh Indonesia termasuk di Kota Bandung tengah menghadapi wabah Covid19 yang sangat berbahaya. Covid19 selain dapat dengan mudah menyebar melalui orang yang sehat dan anak muda, ketika Covid19 diterima oleh orang yang tua dan yang memiliki masalah kesehatan lainnya, maka akibat yang fatal hingga kematian dapat terjadi. Melihat contoh kasus penanganan Covid19 yang terjadi di beberapa negara yang telah berhasil meredam penyebarannya, tampak bahwa peran pemerintah di semua tingkatan sangatlah penting. Peran pemerintah daerah pada kondisi Indonesia yang memliki jumlah dan sebaran penduduk sangat besar tentu jauh lebih penting lagi. Karenanya sudah selayaknya Pemerintah Kota Bandung berperan sangat aktif dalam upaya menjaga keselamatan warga Bandung dari wabah Covid19 ini. Mencermati perkembangan yang terjadi di Kota Bandung dalam kaitannya dengan peran Walikota Bandung dan jajarannya, bersama ini kami sampaikan pernyataan sebagai berikut:

1. Meminta Walikota Bandung Bersama jajarannya agar lebih proaktif untuk melindungi warga Kota Bandung dari wabah Covid19. Hingga saat ini Walikota baru sebatas menerbitkan SE yang efeknya belum banyak dirasakan dalam menghambat penyebaran wabah Covid19 ini.

2. Meminta kepada Walikota Bandung untuk segera mengadakan tempat pengetesan Covid19 bagi warga kota Bandung. Pemkot dapat mengupgrade Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Bandung menjadi Lab yang dapat melakukan pengujian sehingga dapat diantisipasi dengan segera tindakan yang harus dilakukan oleh Pemerintah dan warga Kota Bandung.

3. Walikota beserta jajarannya perlu segera menyiapkan lokasi RS alternatif sebagai tempat perawatan dan isolasi warga Kota Bandung yang terkena Covid19 dan memang membutuhkan perawatan.

4. Pemerintah Kota Bandung perlu mensosialisasikan lebih detil bagaimana menghadapi Covid19 ini termasuk menjaga jarak (social distancing) bagi seluruh warga Kota Bandung. Hal ini terutama dilakukan bagi warga Kota Bandung yang tidak banyak mengakses jejaring internet. Dengan kondisi yang padat, seluruh warga Kota Bandung perlu berperan aktif agar tidak terjadi penyebaran yang jika terlambat akan membuat lebih susah untuk ditangani.

5. Mendorong agar Walikota Bandung dan jajarannya dapat memberikan insentif bagi petugas kesehatan terutama yang berjuang di garis depan dalam penanganan korban Covid19, baik dokter, perawat, maupun petugas kesehatan lainnya. Pemerintah Kota Bandung juga seharusnya lebih proaktif lagi menyiapkan berbagai kebutuhan bagi pekerja kesehatan tersebut seperti masker, ADP, sarung tangan dan lain-lainnya.

Demikian beberapa poin yang dapat kami sampaikan sebagai permintaan kepada Walikota Bandung dan jajarannya agar dapat bekerja lebih serius lagi untuk menjaga warganya dari wabah Covid19 ini.


(Rini Ayu Susanti - Anggota DPRD Kota Bandung)

Posting Komentar

0 Komentar