Padepokan Pencak Silat Surya Sumirat Diresmikan Bupati Garut


GARUT.SWARAWANITA NET.-Padepokan Pencak Silat Surya Sumirat, berlokasi di Kampung Papandak, Rt.03 Rw.07, Desa Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut. Beberapa waktu lalu tepatnya pada Sabtu (30/01/2021), keberadaannya telah diresmikan oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan. Dalam sambutannya, Bupati Garut mengatakan. “Padepokan ini merupakan bagian yg penting dalam membangun karakter bagi generasi muda, generasi muda sekarang lebih tau tentang HP (Handphone), siapa yang menjadi pemain2 di HP, dari pada tentang budi pekerti yg dulu di pesantren besar suka dihubungkan dengan bela diri yaitu Pencak Silat,” ujar Rudy.
 

Ia mengatakan pencak silat harus dilestarikan karena bisa membangun sifat ksatria yaitu jujur. Di sisi lain, saat ini keahlian bela diri bisa mendapatkan penghasilan yg besar, bagi siapapun yg menekuninya. “Berkelahi sekarang juga bisa menjadi uang ratusan miliar, mau ke UFC (Ultimate Fighting Championship) silahkan, mau ke MMA (Mixed Martial Arts) silahkan tapi dasar ilmunya harus ada, seperti pencak silat dan lainnya,” ungkap Rudy.
 


Saat ditemui Swara Wanita Net disela acara, Bupati Garut mengatakan. “Keberadaan padepokan ini sangat bagus dan kami dukung, karena dapat merubah karakter anak2 menjadi kesatria. Kedepannya akan kami bantu, agar ada bangunan padepokan yg lebih representative”, ujarnya singkat.
 


Sementara itu Lukman Nurhakim selaku ketua Padepokan Pencak Silat Surya Sumirat, saat diwawancarai oleh Swara Jabbar disela acara, ia menjelaskan. Bahwa Padepokan Surya Sumirat mempunyai makna tempat berkumpulnya masyarakat, surya sumirat artinya matahari pagi yg bisa memberikan inovasi bagi teman2 yg sudah lupa adanya seni sunda yg hampir hilang. Padepokan ini tidak hanya mengajarkan pencak silat saja, namun juga mengajarkan lingkup seni Sunda seperti calung, bajidor, dan seni sunda lainnya. Berdiri pada 23 Januari 2020, adapun peserta didiknya ada 126 dari mulai usia dini, remaja dan orang dewasa, bahkan ada pula ibu2 sebanyak 25 orang sebagai peserta didik”, jelasnya.
 

Diakhir penuturannya, Lukman Nurhakim mengucapkan terimakasih atas dukungan dari masyarakat dan Pemkab Garut  “Kami berharap padepokan ini bisa lebih maju lagi, bisa lebih mencintai negara Indonesia melalui budaya Sunda. Kami pun merasa bangga apa yg dijanjikan oleh bupati Garut, dan ini merupakan motivasi kami untuk lebih eksis lagi Padepokan Surya Sumirat, sehingga menjadi layak untuk mendapat bantuan dari Pemkab Garut”, pungkasnya. (Sumpena)

Posting Komentar

0 Komentar