Legislator PDI Perjuangan Yudaha Puja Turnawan dan Mamat Rahmat Kunjungi Lokasi Bencana Longsor di Kp Cipulus Garut .


Garut Swara Wanita Net.-Anggota DPRD Garut Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan bersama Mamat Rahmat mengunjungi lokasi bencana longsor di Kampung Cipulus, Desa Parakan, dan Kampung Cipulus Desa Cisarua, Kecamatan Samarang, Sabtu 6 Mei 2023.

Yudha Puja Turnawan menjelaskan, longsor terjadi pada Sabtu dini hari sekitar jam 04.00 WIB. Yaitu gunung Meungpeuk tanahnya menimpa pemukiman warga di dua kampung tersebut.

 

” Adapun yang terdampak di Kampung Cipulus yang masuk ke wilayah Desa Parakan yang pertama madrasah dan masjid Jami Al Ikhlash yang mengalami rusak berat.

” Terutama madrasah yang semuanya tertimbun material tanah longsoran. Kemudian rumah Bapak Isur dan rumah bapak Alit yang terkena langsung material longsor,” ujar Yudha.

 

” Sedangkan rumah yang terdampak material longsor di Kampung Cipulus yang masuk ke wilayah Desa Cisarua rumahnya bapak Ropidin, bapak Dadang dan bapak Yusuf,” sambungnya.

Di kampung Cipulus yang masuk wilayah Desa Parakan ada 27 rumah yang terancam terkena longsoran susulan dan di kampung Cipulus yang masuk ke wilayah desa Cisarua ada 22 rumah yang terancam longsoran susulan.

” Hari ini saya bersama pak Mamat Rahmat anggota DPRD Garut dapil Samarang meninjau langsung sambil memberikan sembako dan Uang untuk membantu gotong royong warga membersihkan material longsoran. Warga sendiri sudah mendirikan dapur umum di rumah ibu Imas. Untuk keperluan makan warga di kampung Cipulus yang masih bertahan maupun yang bergotong royong,” ujar Yudha.

Yudha menjelaskan, untuk sementara sebagian warga kampung Cipulus mengevakuasi barang barang di wilayah terdampak dan terancam ke kerabatnya masing-masing di kampung yang lain. Termasuk warga terdampak sementara mengungsi ke kerabatnya.

” Alhamdulillah sejak dari pagi Forkompimcam Samarang, BPBD dan dinas teknis seperti UPT PUPR dan UPT Disperkim sudah melakukan assessment,” katanya.

 

” Saya selaku anggota DPRD sangat mengapresiasi Forkompimcam dan beberapa SKPD yang sangat memikirkan warga yang terdampak. Semoga Pemkab Garut bisa menggarakan kolaborasi berbagai perusahaan dan lembaga pengumpul dana umat untuk membantu warga terdampak dan yang terancam,” tambah Yudha.

” Dalam poin ini kembali menjadi urgent forum CSR segera dibentuk di Garut agar kolaborasi pendanaan penangana bencana bisa lebih optimal. Semoga kita semua bisa bahu membahu membantu warga Garut yang terkena bencana,” tutupnya. (Intan)

 

 

Posting Komentar

0 Komentar