Legislator PDIP Yudha Puja Turnawan Jaring Aspirasi Warga Kelurahan Lebakjaya Garut.


Garut.Swara Wanita Net.-Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Pudja Turnawan menjaring aspirasi masyarakat melalui Reses di masa sidang II tahun 2023 yang diadakan di Kelurahan Lebakjaya, Kecamatan Karangpawitan, Jumat (19/5/2023).

Dalam kegiatan ini, berbagai usulan dan keluhan disampaikan masyarakat. Salah satunya terkait kurangnya akses air bersih di lingkungan masyarakat.

“Di sini banyak yang mengeluhkan terkait akses air bersih, terutama ibu-ibu PKK. Karena akses air bersih di sini katanya sulit,” ujar Yudha kepada wartawan usai kegiatan.

Yudha menerangkan, warga yang mengalami kesulitan mendapatkan akses air bersih ini, salah satunya berada di wilayah Ciparay dan Lebaksari. Bahkan di wilayah Lebaksari ini kondisi airnya sangat jelek.

“Tadi kata warga di Lebaksari itu kondisi airnya ke kuning-kuningan,” ujarnya.

Dengan adanya keluhan ini, kata dia, pihaknya akan mengusulkan ke dinas terkait untuk dilakukan penanganan dan menyiapkan akses air bersih yang layak konsumsi di wilayah ini.

Selain usulan akses air bersih, kata dia, masyarakat juga mengeluhkan kondisi drainase di wilayah ini yang tidak berfungsi dengan baik. Pasalnya ketika turun hujan, air di drainase selalu meluap ke jalan.

“Warga di sini juga minta perbaikan drainase, terutama di jalan Ahmad Yani timur, kalau hujan drainase selalu meluap. sehingga diperlukan kegiatan pengerukan sedimentasi dan perbaikan drainase,” ujarnya.

Dengan adanya usulan ini, lanjut dia, pihaknya langsung menghadirkan petugas dari Dinas PUPR dan Bappeda, supaya usulan ini dicatat dan diajukan dalam Rancangan Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Pemkab Garut.

Yudha menerangkan, berdasarkan informasi yang diterima, tahun ini Dinas PUPR akan melakukan lelang terkait perbaikan drainase ini. Tetapi saat ini belum ditentukan titik mana saja yang akan dilakukan perbaikan.

“Adanya ajuan ini, saya sebagai anggota dewan dari dapil ini akan mencoba memprioritaskan. Karena ini merupakan wilayah perkotaan, jadi perlu diprioritaskan dalam perbaikan drainase ini,” terangnya.

Selain masalah infrastruktur, kata dia, di Kelurahan Lebakjaya ini juga masih ada permasalah terkait kurang maksimalnya pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita yang mengalami Stunting dan giji buruk.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada Pemkab Garut dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Garut untuk memperbesar anggaran pengadaan PMT ini.

“Jadi Pemkab Garut jangan mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pembangunan kantor Dinas Kesehatan yang mentereng. Seharusnya yang lebih urgen itu bukan perbaikan kantor, tapi pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.(Intan)

Posting Komentar

0 Komentar