Kades Sindanggalih : Musrembang Desa Harus Bisa Menjadi Solusi


Garut.Swara Wanita Net.-Rabu, 27 September 2023. Berlokasi di Gedung serbaguna Weninggalih Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. Desa Sindanggalih laksanakan musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPDes tahun anggaran 2024.

Dalam Musrenbangdes tersebut ikut dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Karangpawitan, Babinsa dan Bhabinkantibmas, Pendamping Desa, DPD, LPM, Kader, RT, RW, Karangtaruna dan tamu undangan lainnya.


Kades Sindanggalih, Ajat Sudrajat, S.Ag, M.Pd., mengatakan dalam sambutannya, bahwa musrenbang ini suatu agenda tahunan yang harus dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPDes untuk tahun anggaran 2024.

Ajat berharap dengan Musrenbang ini bisa menghasilkan suatu perencanaan yang bisa menjadi solusi permasalahan ditiap wilayah di Desa Sindanggalih.

Musrenbang sendiri merupakan agenda tahunan dimana masyarakat saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi, mengusulkannya dalam betuk usulan sesuai dengan kamus usulan dari masing-masing Perangkat Daerah yang nantinya usulan tersebut diputuskan dan bentuk prioritas desa dan kecamatan. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran, yang nantinya akan diusulkan dalam musrenbang kabupaten. ( intan )

Posting Komentar

0 Komentar