Keluhkan Petani Sulit Pupuk Dan Musim Kemarau Panjang


Kab Bandung.Swara Wanita Net.-Petani di kampung citelu  keluhkan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi. Selain harga yang semakin melambung, ketersediaan pupuk juga sangat terbatas.

Petani Citelu  desa rawabogo  Kecamatan Ciwidey, Didih petani mengatakan, saat ini pupuk sulit. Kalaupun ada harganya terlalu tinggi, harga pupuk NPK  berada diharga Rp 20.000. Harga jual eceran.

“Tapi petani masih merasa lega, meskipun obat pestisida mahal namun harganya masih stabil,” katanya.

Kendala lain yang dihadapi petani, lanjutnya, diperparah dengan rendahnya harga jual Cabe keriting tomat di musim panen raya. yang biasanya dihargai Rp 30 ribu harga melonjak, tomat menjadi Rp 1 ribu, sedangkan harga pecay masih di kisaran harga Rp .4000

"Untuk petani yang tidak mempunyai kartu tani tidak bisa mendapatkan pupuk subsidi, sehingga harus beli pupuk non subsidi dengan harga 2 kali lipat.

Melambungnya harga pupuk dan kelangkaan yang terjadi disebabkan mekanisme distributor. “Pupuk non subsidi harga ditentukan dari pabriknya. Sementara untuk alokasi pupuk non subsidi alokasinya memang tidak sampai 100 persen,** Sam

Posting Komentar

0 Komentar