Ramalan Joyo boyo tentang Bencana


Bandung.Swara Wanita Net.


Oleh Jeremy Huang Wijaya.

Joyo Boyo meramal kan
"banjir bandang ana ngendi-endi\ gunung njeblug tan anjarwani, tan angimpeni\ gehtinge kepathi-pati marang pandhita kang oleh pati geni\ marga wedi kapiyak wadine sapa sira sing sayekti. "Akeh ingkang gara-gara. Udan salah mangsa prapti. Akeh lindhu lan grahana. Dalajate salin-salit. Pepati tanpa aji. Anutug ing jaman sewu, Wolung atus ta iya Tanah Jawa pothar pathir, Ratu Kara Murka Kuthila pan sirna".

Terjemahannya :

"Banyak kejadian dan peristiwa alam maupun dalam kehidupan masyarakat manusia yang luar biasa. Musim penghujan tidak teratur dan sering datang dengan curah hujan tinggi (kebanjiran) hingga tidak ada curah hujan sama sekali (kekeringan)."
      Ramalan Joyo boyo di tahun 2024 tentang Bencana Banjir Bandang banyak terjadi Beberapa hari yang lalu terjadi Bencana Banjir Bandang di Sumatera Barat, Beberapa bulan yang lalu yaitu Bulan Maret 2024 juga terjadi banjir Bandang di Demak. "Setidaknya 11 kecamatan di Kabupaten Demak terendam banjir usai jebolnya 6 tanggul di wilayah Jawa Tengah, Senin (18/4/2024).

Laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak pada Senin 18 Maret 2024 mencatat, sebanyak 89 desa di 11 kecamatan terendam banjir dengan ketinggian antara 30-80 sentimeter.
      Joyo Boyo juga meramalkan Gunung njebluk , pagi ini 20 Mei 2024 terjadi Erupsi di Gunung Semeru Jawa Timur "Gunung Semeru mengalami erupsi dua kali pagi ini. Erupsi terjadi setinggi 800 meter dari puncak atau ± 4.476 meter di atas permukaan laut, Senin (20/5/2024).
"Gunung Semeru pada hari Senin, 20 Mei 2024, pukul 06:11 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 meter dari puncak," kata petugas PVMBG, Sigit Rian Alfian,  "erupsi pertama kali pukul 06.11 WIB, erupsi kedua terjadi pukul 07.49 WIB. 17 Mei 2024 Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, erupsi.t Letusan tersebut disertai gumpalan awan abu vulkanik yang membumbung setinggi 4 km."Pada Februari 2024 gunung Dukono memuntahkan abu vulkanik."Gunung Ili Lewotolok yang berada di Nusa Tenggara Timur mengalami erupsi pada Kamis (18/4/2024). Erupsi terekam selama 40 detik di seismograf PVMBG"
      Kita juga berada di bawah  bayang bayang gempa Megathrust. Apa itu Megathrust? Megathrust merupakan daerah pertemuan antar-lempeng tektonik Bumi yang berpotensi memicu gempa kuat dan tsunami dahsyat. Zona ini diprediksi bisa 'pecah' secara berulang dengan jeda hingga ratusan tahun.besarnya tegangan itu melampaui batas elastisitas batuan sehingga patah bergeser dengan tiba-tiba, Di sinilah energi yang terakumulasi itu terlepas sehingga menjadi gempa besar.

Peta Sumber dan Bahaya Gempabumi Indonesia tahun 2017 mengungkap setidaknya ada 13 megathrust yang mengepung Indonesia.

Di antaranya, megathrust di Selat Sunda dengan potensi gempa magnitudo 8,7, megathrust di Jawa Tengah bagian barat dengan potensi M 8,7.

BMKG, dalam keterangannya, mencontohkan dengan zona tumbukan atau megathrust antara Lempeng Indo-Australia dan Eurasia yang menunjam masuk ke bawah Pulau Jawa. Proses penunjaman lempeng tersebut masih terjadi dengan laju 60-70 mm per tahun.Gerakan penunjaman lempeng tersebut memungkinkan dapat mengakibatkan gempa megathrust dengan kekuatan/magnitudo maksimum yang diperkirakan dapat mencapai M 8,7
        Itulah prediksi bencana yang mungkin terjadi tahun ini seperti ramalan Joyo boyo

Posting Komentar

0 Komentar