Sangkan Paraning Dumadi


Bandung.Swara Wanita Net.-


Oleh Jeremy Huang Wijaya

Sangkan Paraning Dumadi adalah ungkapan Falsafah Jawa yang terdapat dalam ajaran Kejawen.
sangkan  berarti asal muasal, paran adalah tujuan, dan dumadi artinya menjadi, jika digabungkan kalimat tersebut mengandung arti manusia harus tahu asal usul penciptaan kehidupan dan harus memiliki tujuan akhir kehidupannya. Dalam ajaran Jawa, sangkan paraning dumadi bertujuan untuk menuntun manusia agar lebih mengenal Tuhan-Nya. Caranya yaitu dengan menelusuri alur atau jalan kehidupannya sendiri. Ajaran ini mengingatkan seorang manusia tentang dari mana ia berasal dan ke mana dia akan kembali.
Di dalam Sangkan Paraning Dumadi. Bagaimana Penerapan konsep nya Ada 3 pertanyaan yang dapat direnungkan dalam kehidupan. 


"Urip kuwi sangka sapa? (Hidup itu dari siapa?)"
"Urip kuwi kon ngapa? (Hidup itu disuruh apa?)"


"Pungkasane urip kupiye?", merupakan pertanyaan yang mengingatkan manusia bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Dengan menyadari bahwa kehidupannya akan berakhir, manusia akan lebih menghargai waktu yang dimilikinya dan berusaha untuk memanfaatkannya sebaik-baiknya."
Dalam kehidupan Paran Dumadi harus ada tujuan menjadi apa? 


Tujuan Panggilan kehidupan kita adalah Urip ikut Urup artinya kehidupan itu harus bercahaya, dapat juga diartikan hidup harus berguna bagi banyak orang. Jadi hidup itu tidak sekedar hidup tetapi bermanfaat dan berguna bagi banyak orang menjadi cahaya kehidupan.Konsepsi sangkan paraning dumadi berkaitan erat dengan akhir kehidupan manusia untuk kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Posting Komentar

0 Komentar