Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cimahi Menggelar Uji Emisi Kendaraan.


Cimahi.Swara Wanita Net.-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengadakan kegiatan uji emisi kendaraan untuk mengevaluasi kualitas udara di kota Cimahi. Kegiatan ini menargetkan sebanyak 1.500 kendaraan dan melibatkan berbagai pihak, termasuk Polres Cimahi, POM, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 Kepala DLH Kota Cimahi, Dr. Chanifah Listyarini, dalam wawancaranya menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk mengurangi polusi udara di kota Cimahi. Kita akan melakukan uji emisi dan juga akan melakukan traffic counting, jadi berapa kepadatan yang ada di Kota Cimahi yang pada saat itu pengukuran. Mudah-mudahan hasilnya baik dan tentunya untuk kegiatan ini kami didampingi dan kami dibantu dari Polres, kemudian POM, dan juga dari Provinsi Jawa Barat, ucapnya.

"Dr. Chanifah menambahkan bahwa tahun ini ada peningkatan dalam kegiatan yang dilakukan. "Jadi biasanya kita hanya melakukan uji emisi saja, tetapi tahun ini kita ada tiga kegiatan yaitu yang saya katakan tadi, ada pengukuran juga. Jadi hasilnya tentunya ini menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan bagaimana kita memperbaiki kualitas udara," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa kegiatan uji emisi ini terhubung dengan aplikasi dari pusat bernama Si Umi, yang akan menjadi database penting dalam monitoring kualitas udara, kata Dr. Chanifah.

Saat ini, tahun ini, kita juga sudah terhubung dengan aplikasi dari pusat namanya Si Umi sehingga nanti ini menjadi database. Untuk sementara ini masih dalam proses, jadi untuk kualitas udara," jelasnya.Kegiatan uji emisi ini juga berfokus pada kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar dan bensin. "Masih banyaknya kendaraan roda empat yang menggunakan solar dan bensin, maka hari ini kita melakukan uji emisi agar tidak mencemari udara Kota Cimahi," tutur Dr. Chanifah

Untuk mendukung kegiatan ini, DLH Kota Cimahi menggunakan lima alat uji emisi, yang terdiri dari empat alat untuk kendaraan berbahan bakar bensin dan satu alat untuk kendaraan berbahan bakar solar. Dengan upaya ini, diharapkan kualitas udara di Kota Cimahi dapat lebih terjaga dan mengurangi dampak negatif dari polusi kendaraan bermotor," tutupnya *

 

 

Posting Komentar

0 Komentar