Jumat Agung



Bandung Swara Wanita Net.

Oleh Jeremy Huang Wiijaya

Hari ini disemua gereja se dunia merayakan Jumat Agung yaitu Perayaan memperingati Pengorbanan dan Penyaliban Yesus Kristus di Bukit Golgotha yang tergantung diatas kayu Salib dari pukul 12.00 hingga pukul 15.00.
        Jumat Agung adalah perayaan hari ke 2 dari perayaan Tri Hari Suci dimulai dari Hari Kamis Putih. "Kamis Putih merupakan awal dari Tri Hari Suci dirayakan sejak abad ke-4 seperti yang disaksikan oleh konsili Hippo pada tahun 393. Kamis Putih umumnya telah dipahami sebagai bagian dari Tri Hari Suci.


Adapun puncak Tri Hari Suci adalah kebangkitan juru selamat untuk menggenapi nubuat yang telah disampaikan nabi-nabi terdahulu. Kamis Putih dimaknai sebagai malam di mana Yesus membasuh kaki para murid-Nya sekaligus melakukan perjamuan malam terakhir sebelum dia ditangkap dan disalibkan.

Sejak abad ke-4, Paskah di gereja tidak hanya dirayakan sebagai hari libur hari Minggu. Paskah dan semua perayaannya telah berkembang, Paskah dimulai pada Rabu Abu, Minggu Sewa, Minggu Sengsara (dua minggu sebelum Paskah), Minggu Palma hingga Pekan Suci, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Hening, Minggu Paskah, Hari Kenaikan, dan Pentakosta"
       Dalam Perayaan Jumat Agung di Gereja Katolik Santo Martinus dibacakan dibacakan Passio Kisah Sengsara Yohanes 18 ayat 1-19 bersahut sahutan.
       Kebaktian Jumat Agung di Gereja Katolik disebut Misa  Presanctified

Posting Komentar

0 Komentar