10 Juni 2024 Hari Raya Bacang, Peringatan Pengorbanan Sastrawan Tiongkok


Bandung.Swara Wanita Net.


Oleh Jeremy Huang Wijaya

Pada tanggal 10 Juni 2024 atau penanggalan Imlek setiap tanggal 5 bulan 5 jam 12 siang jika menaruh telor di luar ruangan yang terkena sinar matahari maka telor akan berdiri tegak sendiri itulah keistimewaan hari bakcang atau pe cun, warga Tionghoa Cirebon jaman dulu mandi di Sumur Kelenteng Talang  Cirebon untuk membersihkan diri, membuang unsur negatif memperlancar rejeki.
10 Juni 2024 warga Tionghoa seluruh dunia memperingati hari raya Bacang atau Peh Cun. Dalam penanggalan Imlek dirayakan setiap tanggal 5 bulan 5 ,  penanggalan Internasional nya jatuh pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2024 "Peh Cun (扒船; "mendayung perahu") berasal dari Bahasa Hokkian yang dipendekkan dari Pe Leng Cun / Pe Liong Cun (扒龍船 ; pê-lêng-chûn / pê-liông-chûn), bermakna "mendayung perahu naga.
       Hari Bacang atau Pe Cun memperingati pengorbanan Qu Yuan atau Kut Guan penasehat kerajaan sekaligus juga sastrawan Tiongkok yang terjun melompat ke Sungai Miluo Tiongkok CHINA, tindakan nekat Qu Yuan karena cemas masa depan kerajaan Chu di Tiongkok China. Qu Yuan hidup pada tahun 339 SM-277SM. Jabatan Qu Yuan  menteri kerajaan Chu, pada masa Dinasti Zhou negara terpecah belah hanya 7 kerajaan yang kuat di Tiongkok China. Dinasti Zhou   berdiri sebelum Dinasti Qing. Saat itu Kerajaan Qin merupakan kerajaan terkuat dan mau mengambil 6 kerajaan lainnya di bawah kekuasaan nya. Saat itu Qu Yuan nasehati Raja Chu agar bergabung dengan 5 kerajaan lain untuk menghadapi kerajaan Qin namun nasehat Qu Yuan tidak digubris bahkan Qu Yuan disingkirkan dan dipecat membuat Qu Yuan frustasi dan terjun ke sungai Miluo Tiongkok China . Peristiwa ini tercatat dalam sejarah Shi Ji di China. Rakyat mencintai Qu Yuan ketika melihat Qu Yuan terjun ke Sungai menggunakan perahu dayung mencari jenasah Qu Yuan ke dasar Sungai Miluo, rakyat melemparkan bacang yang berisi nasi ketan didalamnya ada daging ayam tujuan nya supaya ikan ikan dan udang tidak memakan jenasah Qu Yuan, sambil menggunakan perahu dayung. Tetapi sayang tidak berhasil  menemukan Jenasah Qu Yuan di Sungai Mio Tiongkok China. Qu Yuan terjun ke Sungai Miluo Tiongkok pada tanggal 5 bulan 5.Oleh sebab itu sejak terjun nya Qu Yuan ke Sungai Miluo diperingati sebagai hari raya Bacang dan  Pe Cun.
       Di kota Cirebon setiap tanggal 5 bulan 5 hari raya bacang penanggalan Imlek sejak dulu jam 12 Siang mandi di Sumur di kelenteng talang Cirebon, dipercaya jika mandi jam 12 siang tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek akan memperlancar rejeki, membersihkan diri membuang unsur negatif dalam tubuh. Mendatang kan rejeki
        Dan khusus setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, penanggalan Internasional tahun ini tanggal 10 Juni 2024 jam 12 siang jika kita letakkan telor akan dapat berdiri tegak silahkan dicoba

Posting Komentar

0 Komentar