Sambut Hari Raya Kurban ,BAZNAS .Purwakarta Gelar Pelatihan Juleha (Juru sembelih halal)



Swara Wanita Net.Purwakarta.-Untuk menjamin kehalalan hewan yang akan di sembelih menjelang hari raya Idul kurban ,BAZNAS Purwakarta bekerja sama dengan MUI Purwakarta ,UPT Center di gedung dakwah pukul 7 pagi sampe 16 wib minggu 2/6/2024.  

"Kegiatan tersebut di laksanakan karena di sinyalir masih banyak penyembelihan hewan kurban dengan cara sembarang ,dari itu kami mengundang masyarakat pedagang daging sapi maupun unggas yang asal- asalan penyembelihanya
tidak sesuai dengan ajaran hukum  syariat dan kesehatan.

 Hadir juga dalam acara ini Bacabup periode 2025/2029 Haji .Ivan kuntara mengatakan cara- cara memotong sapi/ domba dan kambing harus benar- benar menuruti aturan yang telah di tentukan oleh aturan  menurut syariat islam ujarnya.

Saipul anwar ,ketua panitia pelaksana pelantikan juru sembelih tersebut sengaja mengundang sebagian pelaku usaha pemotong unggas di kabupaten purwakarta,dan masyarakat  juru potong   di undang untuk mengikuti pelantikan bagaimana tatacara pemotongan  harus sesuai syariat Islam agar produk yang di hasilkan terjamin kehalalanya juga terjamin kesehatanya.

Kegiatan ini juga di rangkaikan dengan pengukuhan kepengurusan sembelih halal (juleha) kabupaten Purwakarta oleh haji anton dan di saksikan oleh perwakilan dewan kemakmuran mesjid (DKM) yang mandiri, bagaimana hewan yang akan di sembelih dalam keadaan sehat dan cukup umur.

Dalam penjelasan  menurut Saepul anwar,untuk ukuran binatang ternak yang syah domba minimal usia 6 bulan,kambing 1 tahun ,sapi minimal 2 tahun dan unta 5 tahun.


Setelah di bekali meteri,peserta langsung mempraktekan materi ia terima menyembelih kambing dan unggas yang sudah di sediakan oleh panitia.

tidak hanya mengajarkan tekhnik menyembelih yang baik benar sesuai dengan syr'i atau ajaran islam,namun peserta juga di ajari tekhnik merobohkan dan mengikat tali hewan kurban yang baik dan benar.

Tujuan dari pelatihan juleha ini adalah menjawab sertifikasi halal tahun2024 semuanya harus bersertifikasi halal,semua produk- produk makanan yang di konsumsi di awali dengan penyembelihan yang halal"

Pelatihan juleha ini di harap tidak hanya mencetak para juru sembelih.namun juga mendorong sertifikasi makanan berbahan daging yang aman,sehat,utuh,dan halal.,(*)

Uj abdul

Posting Komentar

0 Komentar